Berita Asta

Asta Learning Center
Tugas dan Tanggung Jawab Staff Penerbangan

Tugas dan Tanggung Jawab Staff Penerbangan

Dalam dunia penerbangan mungkin Anda sering mendengar profesi pilot dan pramugari, tapi perlu Anda ketahui bahwa di dalam dunia penerbangan juga memiliki profesi yang berperan penting dalam melalukan kelancaran operasional penerbangan seperti, staff penerbangan yang dapat memberikan pelayanan pada pelanggan selama di darat atau di kawasan bandara.

Divisi dan Tugas Staff Penerbangan

Pelayanan pada pelanggan merupakan salah satu unsur terpenting dalam komunikasi pemasaran, pelayanan pada pelanggan bertujuan untuk memelihara serta meningkatkan hubungan psikologis antara produsen dengan pihak penyelenggara. Berikut ini bagian staff bandara berserta tugasnya;

Airline ground staff

Staff penerbangan adalah staff maskapai yang memiliki tugas di bandar udara, dan bertanggung jawab atas seluruh kegiatan yang berada di bandara. Airline ground staff ini harus melayani penumpang dengan baik sebelum pre flight service atau after flight service. Nah, apa saja sih tugas umum Airline ground staff? Simak di bawah ini :

  1. Ticketing, ini bertugas untuk melayani penumpang mengenai issued ticket. Selain itu, ticketing juga melayani pesanan tiket melalui media sosial atau via telepon.
  2. Checking Counter, pada bagian ini airline ground staff memiliki tugas mencetak boarding pass dari penumpang yang telah tertera nama, kode sesuai dengan identitas yang digunakan, jadwal, ruangan boarding, serta nomor tempat duduk.
  3. Service, pada bagian ini staff tersebut harus mendampingi atau melayani penumpang yang berkebutuhan khusus, anak-anak yang masih kecil dan tidak bersama orang tuanya serta orang tua yang sakit juga menjadi tanggung jawab bagian ini, di mulai dari bandara hingga masuk ke dalam pesawat.
  4. Transfer Desk, bagian selanjutnya merupakan staff bandara yang memiliki tugas membatu atau melayani penumpang yang sedang transit di bandara, mereka juga akan menghandle bagasi penumpang yang melanjutkan perjalanannya.
  5. Boarding Gate, tugas staff yang satu ini berada dibagian depan pintu boarding dan di dalam ruangan boarding. Mereka juga memantau penumpang yang akan melakukan penerbangan dan staff ini akan mengecek kembali boarding pass pada setiap penumpang agar tetap di dalam ruangan dan tidak ada yang tertinggal.
  6. Lost and foud, pada bagian ini memiliki tugas pada terminal kedatangan yang melakukan pengecekan bagasi penumpang setelah melakukan penerbangan. Staff tersebut akan mencocokan barang-barang penumpang dan mengembalikannya.

Aviation Security (AVSEC)

Selanjutnya pada bagian AVSEC ini bagi orang awam melihat petugas AVSEC adalah profesi yang sama dengan satpam atau petugas keamanan lainnya. Namun, perlu Anda ketahui bahwa AVSEC memiliki tugas dan tanggung jawab yang lebih besar dari seorang satpam dan ruang lingkupnya pun berbeda.

Secara umum tugas dan tanggung jawabnya adalah menjamin keamanan, keselamatan serta ketertiban segala hal yang berkaitan dengan penerbangan, memberikan perlindungan terhadap awak pesawat, penumpang, masyarakat dan instansi yang ada di bandara dari tindakan yang bertentangan dengan hukum. Tugas dan tanggung jawabnya seperti;

  1. Pemeriksaan penumpang
  2. Pemerisaan awak pesawat dan kabin crew
  3. Pemeriksaan kabin dan bagasi
  4. Pengawasan access kontrol ke sisi udara
  5. Pemeriksaan penumpang transit dan transfer
  6. Pemeriksaan senjata api, senjata tajam dan benda lainnya yang berbahaya
  7. Pengawasan jalur menuju pesawat udara
  8. Penertiban kargo
  9. Pengawasan kiriman pos dan diplomatik
  10. Penanganan penumpang khusus
  11. Pemeriksaan barang ilegal

Aircraft Marshaller

Yang terakhir adalah Aircraft Marshaller atau bisa diartikam sebagai juru parkir pesawat terbang, pekerjaan tersebut tentu membutuhkan keahlian khusus karena, masrhaller akan berkoordinasi dengan sejumlah petugas bandara saat melakukan pendaratan. Dan yang harus Anda ketahui bahwa seorang pilot tidak bisa melihat jalur parkir dari dalam kokpit pesawat, loh. Jadi mereka memang membutuhkan bantuan dari seorang marshaller.

Tugasnya seorang marhaller yaitu berkomunikasi menggunakan aba-aba visual berupa gerakan tertentu dan memberikan arahan yang cepat dan tepat agar pesawat bisa parkir atau berhenti secara sempurna.

Nah, itulah tugas dan tanggung jawab staff penerbangan yang masing-masing memiliki peran tersendiri. Namun, pada dasarnya melayani penumpang pesawat baik sebelum penerbangan maupun sesudah.

Pendidikan dan Pelatihan Staff Penerbangan

Berkarir di dunia penerbangan memang sangat menggiurkan bukan? Tapi, profesi staff penerbangan bukan hal yang mudah diraih semua orang, loh. Karena setiap maskapai penerbangan memiliki aturan serta seleksi yang cukup ketat, maka disinilah peran penting sekolah staff penerbangan. Pastinya Anda sudah tidak asing lagi mendengar Avia Kampus Penerbangan yang merupakan pendidikan dan pelatihan di bidang aviation terbesar dan terlengkap di Kota Bali.

Dengan memiliki program pendidikan dan pelatihan 1 tahun, Avia Kampus Penerbangan sudah memliki lisensi resmi dari Departemen Perhubungan Direktorat Bandar Udara. Sesudah menyelesai pendidikan, siswa dan siswi Asta akan direkomendasikan untuk bekerja di perusahaan bidang aviation, loh.

Karena selain itu, Avia Kampus Penerbangan juga sudah didukung oleh berbagai perusahaan pengelolaan Sumber Daya Manusia yang bernaung dalam satu perusahaan besar. Yuk segara daftarkan diri Anda, karena pendaftaran terbatas! Klik disini! Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Berita Lainnya

Whatsapp Kami
SEDANG MEMPROSES ...